• @miftahrakhmat

Jalaluddin Rakhmat Academy

Bismillahirrahmanirrahim

Allahumma Shalli ‘ala Sayyidina Muhammad wa Ali Sayyidina Muhammad


Allah yarham KH. Dr. Jalaluddin Rakhmat, M. Sc, mewakili satu di antara generasi emas intelektual Indonesia. Bersama para guru bangsa seperti Allah yarhamhum KH. Abdurrahman Wahid, Dr. Nurcholish Madjid, Prof. Dawam Rahardjo, Djohan Effendi, Prof Kuntowidjoyo…dan begitu banyak nama besar yang menghiasi panggung kecendekiaan negeri kita. Mereka punya ciri khas: mencintai ilmu dan menghormati beragam pemikiran.



Mereka juga menguasai dan tertarik pada beragam disiplin ilmu. Hampir semuanya menguasai lebih dari dua bahasa asing. Bacaan mereka luas. Kajian mereka melintas batas. Allah yarham KH. Dr. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc, misalnya. Latar belakang pendidikan beliau meliputi Ilmu Komunikasi, Psikologi, Politik, dan Agama. Sebagian menyebut beliau polimath, atau polimatik: seseorang yang kemampuannya tidak terbatas hanya pada satu bidang.


Allah yarham KH. Dr. Jalaluddin Rakhmat purna bakti sebagai Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi di Universitas Padjajaran, Bandung. Tetapi beliau juga mengajar mata kuliah berikut ini: Etika Islam, Filsafat Ilmu, Statistik, Filsafat, Tasawuf, hingga Ilmu Pendidikan dan Neurosains. Ada lebih dari 50 buku beliau yang terbit, sebagian dicetak ulang berkali-kali. Buku Psikologi Komunikasi menjadi ikon studi Komunikasi dan telah dicetak ulang 30 kali. Beliau juga menjadi penulis kata pengantar terbanyak di Indonesia.


Semasa hayat penuh berkahnya, beliau juga aktif menjadi trainer dan fasilitator di berbagai bidang: lembaga pemerintah ataupun perusahaan-perusahaan. Beliau juga aktif mengajar sejak anak SD-SMA hingga para santri dan kuliahan. Di Yayasan Muthahhari Bandung, beliau merumuskan kurikulum khas sekolah-sekolah Muthahhari. Kombinasi dari pemahaman ilmu agama dan perkembangan ilmu pengetahuan modern. Satu di antara tiga harapan beliau untuk generasi masa depan negeri kita. Dua berikutnya adalah: menggabungkan intelektualisme dan aktivisme, serta terbuka terhadap perbedaan pendapat dan pemikiran.


Untuk mewujudkan visi beliau itulah Jalaluddin Rakhmat Academy hadir. JR Academy menyediakan kuliah online untuk beragam ilmu yang dirumuskan KH. Dr. Jalaluddin Rakhmat. Sebagian pengajarnya adalah murid-murid Allah yarham dan para guru serta dosen kompeten lainnya di berbagai bidang. Bukan hanya ilmu agama, tetapi juga ilmu-ilmu mutakhir seperti teknologi informasi, komunikasi dan bahasa-bahasa dunia.


Kami di JR Academy berharap semua kuliah mengantarkan kita pada kecintaan akan ilmu. Sebagaimana KH. Dr. Jalaluddin Rakhmat meneladanakannya pada kita semua. Beliau sosok pengembara ilmu sepanjang hayat. Menurut beliau: seiring waktu, mestinya pengetahuan kita semakin menukik, dalam dan tajam. Ternyata, semakin mengkaji, semakin banyak lagi yang menarik untuk dipelajari.


Untuk itu, motto kami di JR Academy adalah: the more we know, the more we don’t know.


Selamat bergabung di JR Academy. Doa kita untuk para guru.

40 views0 comments

Recent Posts

See All