top of page
  • Akhi

Melatih Kecerdasan Spiritual Dengan Imajinasi


"What lies behind us and lies before us are small matters compared to what is ‘within us’."

-Ralph Waldo Emmerson


Otak Anda beratnya kira-kira satu setengah kilogram, dan tampak seperti kacang mete yang keriput dan lembut, tidak begitu menarik pada pandangan yang pertama. Tetapi, otak itu telah terbentuk dalam periode lima juta tahun. Apa pun pedapat kita tentang cara kerjanya atau bagaimana dibangunnya, otak tetap menjadi organ yang paling luar biasa dalam seluruh tubuh kita.


Otak manusia dapat menyimpan informasi lebih benyak dari semua perpustakaan di dunia. Otak menjadi sebab kemarahan yang meledak yang membuat anda malu, tetapi juga menjadi kekuatan yang melahirkan gagasan-gagasan terbaik yang pernah Anda miliki dan tindakan-tindakan amal saleh yang pernah Anda lakukan. Otak mengatur fungsi tubuh Anda dan bertanggung jawab untuk semua perilaku Anda, dari yang paling primitif sampai yang paling canggih. Semua pikiran dan emosi Anda, seluruh kepribadian Anda, disimpan di dalam organ yang beratnya satu setengah kilogram itu. Anda dapat menerima jantung atau paru-paru cangkokan dan Anda masih tetap menjadi diri Anda. Tetapi sekiranya menerima transplantasi otak, Anda bukan lagi Anda. Para ilmuwan telah mempelajari otak selama ratusan tahun, tetapi otak tetap saja begitu misterius sehingga banyak orang menganggapnya sebagai dacrah jelajah terakhir umat manusia.


Otak Anda adalah sebuah organ biologis, tetapi ia juga mesin yang menakjubkan, supercomputer. Mukjizat! Otak Anda benar-benar makhluk yang paling menakjubkan di seluruh alam semesta. Coba bayangkan, otak manusia adalah satu-satunya objek yang mampu memikirkan dirinya sendiri!


Sebagai manusia, kita cenderung meremehkan diri kita. Kita mengagumi komputer, padahal di dalam otak kita terdapat sepuluh kali jumlah seluruh sistem jaringan komunikasi AT&T! Kita takjub menyaksikan binatang lain seperti lumba-lumba atau semut. Kita bisa duduk dan mengamati koloni semut yang sangat kompleks. Bagaimana mereka berkomunikasi? Otak semut mempunyai kira-kira 500 sel otak; sama dengan jumlah sel yang hilang ketika seseorang minum segelas anggur!


Tapi jangan takut, masing-masing kita punya kira-kira 100 miliar sel otak, sebanyak bilangan gemintang di langit. Setiap sel otak, atau neuron, berhubungan dengan semua sel otak lainnya. Bayangkan 100 miliar koneksi listrik terjadi di dalam otak Anda sekarang ini! Bayangkan setiap orang di dunia (kira-kira lima setengah miliar manusia) bicara di telepon satu sama lain pada saat yang bersamaan. Gambaran yang dahsyat bukan? Tetapi untuk otak Anda, Anda harus memperluas gambaran ini. Suruhlah lima setengah miliar orang itu berbicara pada delapan belas pesawat telepon masing-masing. Suruh mereka berbicara satu sama lain pada saat yang bersamaan. Jika Anda dapat menggambarkannya dalam benak Anda, Anda mulai paham betapa dahsyatnya proses komunikasi di dalam otak Anda!


Jika setiap neuron hanya dapat menyentuh dua neuron lainnya, jumlah kemungkinan konfigurasi dalam otak Anda adalah dua pangkat 100 miliar! Bilangan sebesar itu memerlukan waktu 100 tahun untuk Anda tulis dengan kecepatan satu angka per detik. Dalam kenyataannya karena setiap neuron berhubungan dengan setiap neuron lainnya, kemungkinan konfigurasinya mustahil kita pahami.


Neuron-neuron kecil ini sibuk mengirim, menerima, dan menyimpan sinyal yang membentuk informasi. Apa pun yang kita lakukan dan ketahui bergantung pada pengalihan sinyal dari satu neuron ke neuron yang lain. Setiap neuron punya satu belalai besar, axon, dan banyak belalai yang lebih kecil, dendrit. Axon mengirim sinyal diterima oleh dendrit pada neuron lainnya. Terjadilah proses elektrokimia yang terjadi di antara sel yang disebut synapse. Sampai di sinilah penjelasan yang bersifat teknis (Anda kan gak suka!) tapi marilah saya jelaskan kepada Anda fakta yang luar biasa tentang dendrit, belalai penerima dari neuron itu. Percaya tidak percaya, kita mempunyai lebih dari 160 ribu kilometer dendrit di dalam otak kita! Dengan kata lain, jumlah panjang dendrit dalam otak Anda dapat mengelilingi bumi empat kali!


Lalu, betulkah anggapan orang bahwa kita hanya menggunakan sepuluh persen otak kita? Kita tidak tahu. Yang kita ketahui adalah bahwa kita belum mengetahui batas-batas kemampuan jiwa dan potensi kita sepenuhnya. Bandingkan otak Anda dengan komputer Anda. Kebanyakan kita hanya menggunakan sebagian kecil dari kemampuan komputer kita. Hal yang sama terjadi ketika kita menggunakan kekuatan komputer personal kita, yakni kemampuan pikiran kita. Para ahli accelerated learning telah mengembangkan teknik-teknik yang didasarkan pada anggapan bahwa Anda akan lebih kreatif dan produktif apabila Anda menggunakan seluruh otak Anda.


Apa yang disebut dengan seluruhnya ini? Otak kita terdiri dari dua belahan, kanan dan kiri. Kedua-duanya berpikir dan mengendalikan tubuh kita. Belahan otak sebelah kiri mengendalikan bagian tubuh sebelah kanan, dan otak sebagian kanan mengendalikan tubuh sebelah kiri. Setiap belahan otak tampaknya terspesialisasi dalam fungsi tertentu.


Spesialisasi otak sebelah kiri adalah bahasa lisan dan tulisan, logika, keterampilan matematis, dan konsep-konsep ilmiah. Pekerjaan yang melibatkan otak sebelah kiri, misalnya, akuntansi, pekerja laboratorium, dan sebagainya.


Otak sebelah kanan mempunyai kelebihan dalam mengenal pola dan bentuk, dan bagaimana keduanya berhubungan satu sama lain. Bagian kanan ini juga tampaknya membantu kita dalam memperoleh wawasan batiniah dan imajinasi. Inilah belahan otak yang mengapresiasi seni dan memahami humor. Karya para musisi dan arsitek sangat mengandalkan otak sebelah kanan ini.


Kita harus berusaha menggabungkan kedua belahan otak ini. Konsultan kreativitas mengatakan bahwa orang-orang yang didominasi otak sebelah kiri dapat belajar menggunakan otak sebelah kanan dengan belajar berfantasi, menggambar, atau terbuka pada lingkungan di sekitarnya. Jika Anda merasa Anda didominasi otak sebelah kanan, Anda dapat menggapai otak sebelah kiri Anda dengan belajar menulis catatan, menanyakan pertanyaan terperinci, membuat rencana konkret, dan mengorganisasikan sesuatu dengan menciptakan sistem. Mula-mula Anda merasa tidak enak ketika secara sadar bergeser pada penggunaan kedua belah otak itu. Tetapi setelah beberapa saat kebiasaan ini akan menjadi tabiat Anda dan otak Anda akan menjadi seimbang! (Craig Karges, Ignite Your Intuition, 1999: 17).


Craig Karges adalah seorang yang luar biasa. Di hadapan jutaan orang, ia menunjukkan kemampuan untuk membuat fenomena yang luar biasa. Ia ingin menuntun kita untuk menciptakan hal-hal yang luar biasa dalam kehidupan kita dengan memanfaatkan secara maksimal anugerah Tuhan yang sangat menakjubkan otak kita. Jika selama ini kita berkutat pada penggunaan belahan otak sebelah kiri, ia menganjurkan kita untuk mulai mengaktifkan secara seimbang penggunaan otak sebelah kanan. Salah satu fungsi belahan otak sebelah kanan adalah berimajinasi.



KH. Jalaluddin Rakhmat, Pendiri Yayasan Muthahhari (Untuk Pencerahan Pemikiran Islam) dan Sekolah Para Juara (SD Cerdas Muthahhari, SMP Plus Muthahhari, SMP Bahtera, dan SMA Plus Muthahhari).

94 views1 comment

Recent Posts

See All
bottom of page