top of page
  • Akhi

Saran-Saran Jean Carper untuk Cerdas dengan Makanan

Updated: May 28, 2022


Apa yang telah kita bicarakan di atas sebagian besar merupakan ikhtisar dari Your Miracle Brain. Buku itu menghimpun berbagai penelitian tentang pengaruh makanan pada otak. Menguraikannya secara terperinci memerlukan buku tersendiri. Di bawah ini saya sampaikan kepada Anda ikhtisar dari saran-saran Carper untuk Anda—memanfaatkan makanan agar Anda belajar cerdas. Sepuluh saran berikut ini disebut Carper sebagai “Ten Top Strategies”


1. Makanlah multivitamin. Bukti-bukti menunjukkan bahwa makan berbagai vitamin dan mineral secukupnya adalah cara memelihara otak yang baik. Multivitamin dapat memelihara dan meningkatkan kemampuan intelektual dan kesejahteraan emosional di semua tingkat usia. Perempuan yang hamil harus mengambil multivitamin dengan nasihat dokter untuk melahirkan bayi yang sehat sebanyak setengah dari jumlah anak-anak sekolah menaikkan score IQ-nya karena mengkonsumsi multivitamin, menurut Dr. David Benton, peneliti terkemuka dari Inggris. Multivitamin juga sangat diperlukan oleh orang tua yang memerlukan lebih banyak bahan gizi untuk menunjang otak yang menua. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang makan banyak vitamin dan mineral selama bertahun-tahun punya fungsi kognitif yang lebih baik dan merasa lebih bahagia. Vitamin B misalnya sangat penting untuk merawat otak yang menua dan mencegah demensia dan depresi pada usia tua. (Peringatan: Penggunaan multivitamin yang berlebihan dapat menimbulkan efek yang tidak dikehendaki. Selalu konsultasikan dengan dokter.)


2. Makanlah vitamin antioksidan. Mengambil pil multivitamin mineral saja tidaklah cukup. Kebanyakan multivitamin tidak mengandung vitamin E dan vitamin C yang melindungi otak dalam jumlah yang cukup. Apalagi mengandung zat yang penting seperti asam alfa lipoik dan koenzim Q10. Dalam beberapa penelitian, orang yang hanya makan multivitamin mengalami penurunan dalam fungsi kognitif ketika menua, sementara mereka yang mengambil dosis tinggi antioksidan, seperti vitamin E, tidak. Dalam studi mutakhir, tidak satu pun orangtua yang makan tablet vitamin E atau vitamin C menderita penyakit Alzheimer. Paling baik kalau Anda mengambil beberapa antioksidan sekaligus, kata Dr. Lester Packer dari University of California, Berkeley, karena antioksidan itu tidak bekerja sendirian. Kekuatan antioksidan akan menjadi lebih kuat bila mereka digunakan bersama-sama.


3. Makanlah makanan yang mengandung antioksidan dengan kadar yang tinggi. Ini berarti buah-buahan dan sayuran yang dipenuhi berbagai antioksidan—sebagian antioksidannya malah mungkin belum diketahui. Penelitian di Tufts menunjukkan bahwa binatang yang diberikan makanan antioksidan tinggi, lebih lambat dalam kerusakan otaknya, lebih tinggi kemampuan mentalnya, dan lebih mampu mengembalikan kehilangan memorinya dalam usia tuanya. Sangat menakjubkan bahwa buah-buahan dan sayuran dapat meremajakan otak. Umumnya buah-buahan yang kaya dengan antioksidan berwarna cerah. Jika camilan Anda berupa anggur, apel, prem, kismis—dan bukannya keripik kentang—Anda dapat meningkatkan kemampuan intelektual dan kebahagiaan emosional Anda.



4. Minumlah teh. Agak sulit untuk menguraikan dengan lengkap tentang kekuatan yang menakjubkan dari minuman biasa seperti teh dalam melindungi sel, termasuk sel otak dari kerusakan seperti yang sering disampaikan oleh Dr. John Weisburger, peneliti di American Health Foundation: teh harus menjadi minuman nasional kita. Minum teh adalah cara termudah dan tercepat untuk memasukkan antioksidan ke dalam tubuh dan otak. Simpanlah satu kantung teh di dalam cangkir dengan air mendidih dan biarkanlah teh itu diserap selama lima menit kemudian minumlah. Dalam waktu singkat Anda telah memasukkan 1.200 ORAC antioksidan, kira-kira sepertiga sampai seperempat dari jumlah yang disarankan untuk kebutuhan harian. Es teh juga berguna. Tetapi—dan ini penting—Anda tidak akan memperoleh jumlah antioksidan yang cukup dalam teh botol atau teh yang sudah jadi tepung, menurut analisis Tufts. Saran: cobalah mengganti paling tidak secangkir kopi setiap hari dengan secangkir teh.Minumlah es teh sebagai pengganti soft drink. Pesanlah es teh di restoran, setelah Anda minta agar air teh itu dibuat dari teh yang segar.


5. Hindari lemak yang buruk. Anda boleh jadi memiliki otak yang sempurna pada saat Anda dilahirkan dan menghancurkan seluruh arus komunikasinya dengan memakan jenis lemak yang keliru—di setiap tingkat usia, sejak kelahiran, masa kanak-kanak, remaja, usia dewasa, sampai manula. Otak Anda tidak dapat berfungsi optimal pada makanan yang mengandung lemak keliru. Barangkali yang paling membahayakan sel otak adalah lemak jenuh hewani—yang begitu banyak terdapat dalam makanan cepat saji, seperti burger. Tidak meragukan lagi binatang yang diberikan makanan dengan lemak jenuh lebih bodoh dengan memori dan kemampuan belajar yang rusak. Lemak hewani, menurut penelitian lain, merusak konfigurasi membran sel saraf, melumpuhkan pertumbuhan sinapsis, dan mengguncangkan biokimia dari neurotransmiter—pembawa pesan dalam otak. Sama berbahayanya terhadap sel adalah minyak goreng yang terlalu “polyunsaturated” seperti minyak jagung (atauyang disebut omega-6). Omega-6 dapat menimbulkan rangkaian peradangan kronis di dalam jaringan otak yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan otak, serangan otak, dan penyakit Alzheimer. Memakan asam lemak yang terdapat dalam makanan yang diolah seperti margarin, donat, kentang cepat saji juga dapat merusak pembuluh darah yang akhirnya merusak sirkulasi darah ke dalam otak.


6. Ambillah minyak ikan yang mengandung omega-3, dengan memakan ikan atau suplemennya. Lemak yang paling dibutuhkan adalah apa yang disebut omega-3 yang terdapat dalam minyak ikan. Inilah bahan dasar yang membentuk otak Anda. Tanpanya, sel-sel otak Anda mungkin tidak dapat berfungsi secara optimal. Otak yang tumbuh— dalam rahim, masa bayi dan masa kanak-kanak—sangat memerlukan minyak ikan omega-3 untuk membangun arsitektur saraf dan “pengkabelan” biokimia. Kegagalan memperoleh omega-3 yang cukup pada tahap perkembangan awal dapat berakibat pada rendahnya IQ dalam kehidupan selanjutnya. Begitu pula otak orang dewasa tidak akan mencapai potensinya yang tertinggi tanpa pasokan asam lemak omega-3. Lemak seperti itu diperlukan untuk menumbuhkan dendrit dan sinapsis, melancarkan mekanisme neuron untuk mengolah pesan ke seluruh otak. Salah satu jenis minyak ikan, yang disebut DHA, terbukti meningkatkan kekuatan otak, memori, dan pembelajaran serta mencegah dan mungkin mengobati penyakit Alzheimer. Omega-3 juga membuat otak Anda merasa nyaman. Omega-3 meningkatkan rasa senang dan karena itu mencegah dan menyembuhkan depresi. Saran: makanlah ikan berlemak dua kali seminggu—atau satu atau dua ons sehari cukup untuk membahagiakan sel otak. Sebagai alternatif, ambillah suplemen minyak ikan terutama yang berjenis DHA.


7. Ambillah suplemen yang memacu kinerja otak. Ketika Anda menua, otak Anda memerlukan pemacu untuk mengatasi menurunnya memori, yang mungkin terjadi karena turunnya kegiatan neurotransmiter atau kerusakan neuron akibat penyakit atau serangan rutin dari zat radikal bebas. Ada beberapa suplemen di toko-toko yang dapat meremajakan kegiatan sel otak Anda. Favorit para peneliti adalah Gingko Biloba, yang dapat mencegah kehilangan memori karena usia. Suplemen lainnya adalah phosphatidylserine atau PS, dikenal dapat merangsang produksi neurotransmiter yang berhubungan dengan memori; yakni asetilkolin, yang boleh jadi menurun ketika kita bertambah tua.


8. Hati-hati dengan gula termasuk gula darah. Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat tertentu tidak bagus bagi otak pada usia mana pun. Kelebihan gula dapat menimbulkan “resistansi insulin”, yang menaikkan gula darah atau glukosa di atas normal dan juga menyebabkan kerusakan permanen pada sel otak, yang menimbulkan malfungsi dan kematian. Tetapi karena otak berjalan diakibatkan oleh energi yang diperoleh dari kebanyakan karbohidrat, sangat penting untuk menyediakan glukosa dalam jumlah yang tepat untuk otak pada setiap saat, guna meningkatkan memori, belajar, dan fungsi kognitif lainnya.


9. Batasi kalori, turunkan berat. Kelebihan berat badan tidak bagus untuk otak. Kelebihan berat badan menimbulkan resistansi insulin, tekanan darah tinggi, dan mungkin diabetes—yang mengakibatkan kerusakan memori, kecepatan penuaan, dan penghancuran sel-sel otak. Salah satu cara yang pasti untuk memperlambat proses menua dengan menyelamatkan otak dan organ lainnya dari kerusakan radikal bebas, adalah mengurangi kalori.


10.Peliharalah dirimu baik-baik. Cara Anda menghadapi kehidupan yang lebih tenang dapat mengurangi stres mental, yang biasanya membanjiri otak dengan adrenalin dan zat-zat kimia lainnya yang muncul karena stres. Ini semua dapat menimbulkan kerusakan pada neuron. Olahraga, seperti dibuktikan oleh penelitian mutakhir, meningkatkan arus darah ke otak dan bahkan menaikkan kegiatan mental pada bagian tertentu otak. Membebaskan pembuluh darah dari penggumpalan dan perusakan juga sangat penting untuk memelihara fungsi otak. Rangsanglah otak Anda dengan belajar dan melakukan hal-hal baru. Olahraga mental seperti itu dapat mendorong tumbuhnya koneksi-koneksi otak yang baru, dan memperbesar memori dan kemampuan belajar. Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa otak Anda tumbuh dan berubah setiap saat. Ia berkembang subur karena rangsangan, latihan, pendidikan, dan makanan serta suplemen yang tepat.


KH. Jalaluddin Rakhmat Pendiri Yayasan Muthahhari dan Sekolah Para Juara

- www.scmbandung.sch.id

- www.smpbahtera.sch.id

- www.smpplusmuthahhari.sch.id

- www.smaplusmuthahhari.sch.id


57 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page