top of page
  • Akhi

SARAN-SARAN MENCERDASKAN



Saran-Saran Praktis dalam Belajar Cerdas


  1. Mulailah pelajari mekanisme otak kita dan menyesuaikan cara belajar kita dengannya.

  2. Karena otak sangat dipengaruhi makanan, maka makanlah makanan yang bukan saja menyehatkan tetapi juga mencerdaskan otak Anda

  3. Karena olahraga dapat menghasilkan “faktor” pertumbuhan yang mendorong percabangan dendrit, belajarlah dengan banyak bergerak. Tinggalkan cara belajar “kuno” dengan menghafal sambil duduk selama berjam-jam.

  4. Otak kita terus berkembang bila kita hidup dalam lingkungan yang penuh tantangan. Pelajarilah selalu hal-hal baru, pecahkan masalahmasalah baru, atau hidup dalam lingkungan baru.


Saran-Saran Pierce Howard untuk Cerdas dengan Makanan


  1. Utamakan ikan, daging unggas tanpa kulit, daging tak berlemak, atau susu yang rendah lemaknya dan karbohidrat kompleks (buah-buahan, sayuran, dan tepung). Karbohidrat kompleks harus mencakup lebih dari setengah kebutuhan kalori setiap hari.

  2. Batasi kuning telur, daging lemak, makanan yang digoreng, makanan berlemak (kue-kuean, dressing), lemak hewani (yang tidak punya faedah dan dapat menimbulkan kanker, alkohol dan kebanyakan kerang-kerangan).

  3. Hilangkan suplemen makanan, seperti vitamin dan mineral, kecuali kalau direkomendasikan oleh dokter. Kelebihan dosis, kecuali ditentukan oleh dokter, bukan saja meragukan manfaatnya tetapi juga bisa meracuni. Suplemen kalsium, kapsul minyak ikan, suplemen serat tidak memberikan manfaat yang nyata. Bahanbahan ini seharusnya dikonsumsi di tempat yang biasa, dalam makanan. Berkonsultasilah dengan neurofarmakologis jika Anda ragu tentang efek suplemen dan kelebihan dosis. Kelebihan dosis vitamin, yang diambil oleh ibu yang hamil telah menunjukkan akibat buruk pada rongga tulang belakang dari bayi-bayi mereka. Suplemen makanan telah menjadi industri besar dan perdebatan sengit sekaligus. Richard Restak (1997) berkata, “Tidak ada seorang pun yang yakin. Kebanyakan ahli sekarang ini lebih banyak menyukai makan buahbuahan dan sayuran ketimbang suplemendan vitamin.” Sedangkan Robert Haas (1994) menganjurkan sebanyak-banyaknya suplemen. Restak menyimpulkan bahwa vitamin dan mineral sebaiknya digunakan bersama-sama dengan efek bahan kimia tanaman lainnya (dengan kata lain, vitamin harus diambil dalam bentuk tanaman dan bukan dalam bentuk pil). Yang aman ialah makan suplemen secara sederhana, misalnya satu multivitamin sehari.

  4. Lemak harus terdiri tidak lebih dari 30% kalori harian Anda. Sebagai petunjuk umum, satu sendok selai kacang mengandung 8 gram lemak atau 90 kalori. Itu berarti kebutuhan 2.100 kalori dapat dipenuhi dengan tidak lebih tujuh sendok makan selai kacang setiap hari.

  5. Dari maksimum lemak yang dibutuhkan (sama dengan tujuh sendok makan selai kacang sehari) tidak boleh lebih dari 10% (kurang dari satu sendok makan selai kacang haruslah berupa lemak jenuh seperti minyak kelapa atau lemak hewani).

  6. Batasi protein sampai 8 gram per kilogram berat tubuh sehari. Jadi kalau berat Anda 82 kg, maka Anda hanya memerlukan 8,4 onshamburger setiap hari. Jika berat Anda 54 kg, Anda hanya memerlukan 5,6 ons hamburger.

  7. Batasi garam hanya sekitar satu sendok teh setiap hari.

  8. Suplemen vitamin sebaiknya diserap bersama makanan lainnya. Tetapi kafein menghambat penyerapan. Jadi ambillah multivitamin beserta makanan yang tidak ada kopi, teh, atau soda yang mengandung kafein. Suplemen mineral sebaiknya diserap di antara waktu makan.

  9. Jika Anda merasakan gejala kekurangan vitamin, ambillah tes darah untuk menentukan kebutuhan vitamin dan mineral Anda.

  10. Untuk memperoleh gizi yang terbaik dari makanan Anda:

  11. Gantikan makanan kaleng dengan makanan segar

  12. Jika Anda menggunakan makanan kaleng, gunakanlah jus pada makanan lainnya, kecuali jika Anda tidak suka sodium tinggi

  13. Simpanlah susu dan roti pada wadah yang tidak tembus cahaya

  14. Janganlah menyimpan makanan dalam lemari es terlalu lama

  15. Minumlah jus yang segar sesegera mungkin; sebaiknya pada hari jus itu diperas

  16. Jangan merebus sayuran

  17. Rebuslah sayuran dengan menggunakan sesedikit air, tetap mempertahankan kulitnya dan menggunakan waktu sependek mungkin.

  18. Gunakan karbohidrat (yang terdapat dalam sereal, gandum, sayuran, dan buah-buahan) untuk menambah kemampuan kerja fisik Anda dan mengurangi kecemasan.

  19. Gunakan kafein untuk menambah kesadaran mental dan daya tahan tubuh Anda

  20. Gunakan tirosin (asam amino yang terdapat dalam protein terutama kacang-kacangan) untuk meningkatkan kemampuan bertahan terhadap udara dingin dan untuk menyesuaikan diri dengan ketinggian.

  21. Gunakan kolin (yang terdapat pada kuning telur, hati, dan kedelai) untuk meningkatkan kejernihan pikiran.

  22. Gunakan karnitin (yang terdapat pada daging merah, hati, dan jantung) untuk meningkatkan kemampuan fisik pada waktu yang lama.

  23. Gunakan lipid yang terstruktur (produk yang digunakan di rumah sakit untuk meningkatkan pemasukan kalori sebagian pasien) untuk memperkuat respons kekebalan tubuh dan untuk mengurangi kerentanan penyakit dan infeksi


Saran-Saran untuk Cerdas dengan Gerakan


  1. Sebagaimana anak-anak kecil mengembangkan sel-sel otak mereka dengan banyak bergerak, Anda juga harus memasukkan gerakan dalam proses pembelajaran Anda. Misalnya, selangilah kegiatan membaca buku dan kegiatan belajar lainnya—sebelum, ketika,

  2. dengan meregangkan tubuh, menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, melakukan olahraga mata, berdiri duduk-berdiri duduk, berjalan-jalan,

  3. menggerak-gerakkan tangan yang halus: mencoret-coret, melukis, memukul-mukul lembut, menutup dan melepaskan jemari, tangan kanan menepuk pundak kiri, dan tangan kiri menepuk pundak kanan dan sebagainya,

  4. menggerak-gerakkan kaki: menekuk dan meluruskan, berjalan di tempat, memutar telapak kaki bergiliran, melakukan gerakan silang (cross laterals)—seperti menyentuh ibu jari kaki kanan dengan jemari kiri dan sebaliknya.

  5. Anda dapat belajar sambil melakukan kegiatan lain yang menggerakkan tubuh Anda, seperti mendengarkan kuliah sambil merajut, seperti yang dilakukan mahasiswi Hannaford dalam kisah yang disampaikan di muka, atau (ini ekstrem) mematah-matahkan pensil seperti yang dilakukan seorang anak kinestetik di SMA Plus Muthahhari. Tentu saja, kalau Anda belajar di ruangan kelas bersama banyak orang, kegiatan fisik lainnya itu tidak boleh mengganggu orang lain.

  6. Anda harus melakukan kegiatan olahraga secara rutin setiap hari. Simaklah apa yang dikatakan Eric Jensen di atas: “Sebagaimana gerakan jasmani membentuk otot, jantung, paru-paru, serebelum, gerakan jasmani juga memperkuat basal ganglia, serebelum, corpus callosum, daerah-daerah kunci dalam otak.”Dalam laporan James Pollatscheck dan Frank Hagen disebutkan bahwa, “Anak-anak yang melakukan pendidikan jasmani setiap hari menunjukkan kebugaran gerak, prestasi akademis dan sikap sekolah yang unggul dibandingkan dengan lawannya yang tidak melakukan penjas (pendidikan jasmani) harian.” Dalam laporan proyek Vanves and Blanshard di Kanada, menjadikan waktu penjas sepertiga dari seluruh waktu sekolah menaikkan skor akademis secara menakjubkan.

  7. Dalam mengikuti pelajaran di sekolah, Anda harus terlibat dalam kegiatan-kegiatan seni seperti menari, musik, drama, dan seni rupa. Seharusnya, sekolah mengurangi banyak pelajaran—seperti yang tercantum dalam kurikulum—dan menggantinya dengan pelajaran seni yang memungkinkan murid banyak bergerak. Alkisah, di Aiken, South Carolina, skor tes SD Redcliffe berada di kelompok 25 persen terbawah di wilayah itu. Setelah kesenian dimasukkan dalam kurikulum dengan jumlah yang banyak, ranking sekolah itu naik pada 5 persen teratas dalam 6 tahun. Dan ini kisah di negeri ini, anak-anak SMA Plus Muthahhari yangbanyak aktif dalam kegiatan teater dan menari mempunyai prestasi akademis di atas anak-anak yang tidak aktif.

  8. Masih di ruangan kelas, guru seharusnya memberikan pelajaran dengan permainan, games, drama, teater, serta memberikan peluang kepada anak-anak untuk bergerak. Pelajaran seni bukan saja mencerdaskan otak, tetapi juga mengobati stres dan membuat anak menjadi lebih bahagia. Memang ada hubungan yang sangat erat antara serebelum dengan pusat kesenangan dalam sistem emosional kita. Seni telah membuat belajar menjadi menyenangkan, dan learning is fun!


KH. Jalaluddin Rakhmat, Pendiri Yayasan Muthahhari (Untuk Pencerahan Pemikiran Islam)dan Sekolah Para Juara (SD Cerdas Muthahhari, SMP Plus Muthahhari, SMP Bahtera, dan SMA Plus Muthahhari).

- www.scmbandung.sch.id

- www.smpbahtera.sch.id

- www.smpplusmuthahhari.sch.id

- www.smaplusmuthahhari.sch.id



18 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page